Kawasan Mandalika dan Keindahan Pantainya.

Hi Sobat Bestrip, nama Mandalika pastinya sudah tidak asing didengar, apalagi dengan adanya gelaran event tahunan seperti WSBK dan Motogp yang telah dikontrak selama 10 tahun kedepan oleh Dorna Sports. Kawasan Mandalika tentunya berkembang pesat dan telah mengalami berbagai transformasi sejak dibangunnya sirkuit motogp Mandalika International Circuit. Selain adanya sirkuit kelas internasional, ada banyak juga pantai indah yang bisa dikunjungi di kawasan Mandalika. Apa aja sih pantainya? Yuk kita lihat bareng!

  1. Kuta Mandalika

Tentunya nama Pantai Kuta Mandalika sudah tidak asing didengar. Tapi ingat ya, Pantai Kuta Mandalika berbeda dengan Pantai Kuta Bali.Pantai Kuta Mandalika merupakan pantai berpasir putih dengan tekstur bulat seperti merica, air lautnya jernih dan terdapat batu karang yang kokoh sebagai ciri khasnya. Pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Cukup perjalanan selama 15 menit dari Bandara Internasional Zainul Abdul Majid Sobat Bestrip sudah memasuki kawasan Mandalika.

Sobat Bestrip, di Pantai Kuta Mandalika ini ada tradisi unik tahunan yang disebut festival bau nyale dan festival ini banyak diikuti turis dari mancanegara lho. Nyale adalah cacing laut berwarna-warni yang muncul satu tahun sekali berdasarkan penanggalan kalender suku sasak dan hanya ditemukan di wilayah Pantai Kuta Mandalika. Bahkan para ilmuwan masih menyelidiki asal usul datangnya cacing nyale ini. Tapi, kalau menurut legenda suku sasak, ceritanya dulu ada sebuah kerajaan yang berdiri di daerah Kuta. Sang raja memiliki seorang putri cantik bernama Mandalika. Si Putri Mandalika ini banyak penggemarnya dari kalangan masyarakat biasa hingga pangeran. Mereka berlomba-lomba menyatakan cintanya kepada si putri. Akan tetapi, Putri Mandalika yang baik hati tidak ingin menyebabkan para lelaki yang menginginkannya berperang hingga patah hati hanya untuk mendapatkannya. Akhirnya sang putri memutuskan untuk lompat ke laut dan dipercaya ia berubah menjadi cacing nyale berwarna-warni yang dapat dimiliki semua orang. So sweet banget kan.

Jika Sobat Bestrip ingin bermalam di daerah Mandalika. Banyak sekali hotel dan villa yang disediakan. Beberapa yang terkenal diantaranya ialah Raja Hotel, Rascals Kuta Lombok, Jivana Resort dan banyak lagi dengan harga bervariasi. Ada juga berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan dilakukan seperti bersepeda, water sports hingga paralayang dengan instruktur ahli. Selain itu, Sobat Bestrip akan menemukan banyak restoran, kafe hingga bar di wilayah Pantai Kuta Mandalika.

  1. Tanjung Aan

Kalau Sobat Bestrip main ke Lombok, kurang lengkap rasanya kalau hanya mengunjungi Pantai Kuta. Pantai unggulan selanjutnya adalah Pantai Tanjung Aan, kalau orang lombok bacanya “Tanjung An” bukan A’an yaa. Pantai ini unik lho karena terdapat dua jenis pasir berwarna putih yang terbentang sepanjang garis pantai. Yaitu pasir bertekstur seperti merica halus dan butiran merica yang ada di bagian kiri bukit. Air pantainya jernih dan tenang, cocok untuk berendam sekaligus menikmati keindahan alam yang ada.

  1. Bukit Merese

Selanjutnya, ada spot foto yang indah dan estetik yaitu di Bukit Merese, bukit ini hanya berjarak 100 m dari Pantai Tanjung Aan. Untuk menaiki bukit ini, Sobat Bestrip bisa berjalan kurang lebih 200 m atau menggunakan jasa ojek bukit yang ada disana. Bulan Maret-Juli merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Merese karena rumputnya sedang hijau dan sangat photogenic untuk kamu yang hobby foto.

  1. Selong Belanak

Tak lengkap rasanya jika di penghujung hari tidak ditutup dengan sunset yang indah dari pantai Selong Belanak. Pantai ini merupakan yang paling unik karena garis pantainya membentuk bulan sabit sepanjang 1 kilometer. Pasirnya merupakan jenis pasir putih merica dengan tekstur terhalus yang dipadukan dengan air laut biru nan jernih. Kontur pasirnya yang halus dan tidak lembek enak banget untuk dipakai bermain volley pantai atau hanya sekedar berjalan-jalan. Selain itu, pantai ini juga memiliki 2 jenis ombak lho, di bagian barat ombaknya lebih besar dan bergelombang, sedangkan di bagian satunya lebih kecil dan landai. Jika Sobat Bestrip ingin menghabiskan waktu sambil menunggu sunset, Sobat Bestrip bisa menyewa papan surfing hingga pelatih untuk mengikuti kursus singkat. Di Hari-hari tertentu, Sobat Bestrip akan berkesempatan melihat kerbau-kerbau ramah yang juga menikmati sunset di sepanjang garis pantai.

Sobat Bestrip, Kawasan Mandalika ini sangatlah cocok untuk dijadikan destinasi wisata dengan keindahan pantai dan pasirnya hingga keunikan yang bisa ditemukan di setiap pantainya dalam satu daerah yang sama. Apalagi jika Sobat Bestrip mengunjungi kawasan Mandalika bersama LombokBestrip tentu akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan dengan pelayanan spesial dari kami. Untuk info lebih lanjut, kunjungi laman kami di lombokbestrip.com.

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button